You need to enable javaScript to run this app.

UPTD Kesehatan Sarjo Menggelar Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan di SMA Negeri 1 Sarjo

UPTD Kesehatan Sarjo Menggelar Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan di SMA Negeri 1 Sarjo

Oleh: Tim Redaksi Smansa Sarjo

 

Sarjo, 29 April 2024 - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesehatan Sarjo telah berhasil melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan di SMA Negeri 1 Sarjo dengan sukses. Dalam kegiatan yang diadakan hari ini, terdapat tiga agenda utama yang telah dilaksanakan, yaitu pemberian tablet tambah darah, pemeriksaan kadar hemoglobin (HB) siswa, dan skrining kesehatan berkala.

 

Tim UPTD Kesehatan Sarjo, yang terdiri dari 11 orang, bertugas dalam pemeriksaan kesehatan tersebut dengan penuh dedikasi. Kemudian dari Pihak Humas, PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja), dan UKS (Unit Kesehatan Sekolah) SMA Negeri 1 Sarjo juga turut andil dalam mengarahkan siswa dan memfasilitasi tim dari Kesehatan, sehingga pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar.

 

  1. Pemberian Tablet Tambah Darah untuk Siswa Remaja Putri

Pemerintah telah menginisiasi gerakan nasional dalam pemberian tablet tambah darah khusus untuk remaja putri. Tablet tambah darah memiliki fungsi utama untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan dan menjaga konsentrasi siswa serta menunjang fase tumbuh kembang remaja putri, khususnya siswi di SMA Negeri 1 Sarjo.

 

  1. Pemeriksaan HB untuk Siswi Remaja Putri

Pemeriksaan HB dilakukan khusus untuk siswi remaja putri di SMA Negeri 1 Sarjo. Tujuannya adalah untuk mengukur jumlah hemoglobin dalam darah, dengan tujuan deteksi dini terhadap adanya gejala anemia di kalangan siswi. Karena remaja putri memiliki fase menstruasi setiap bulan dan pertumbuhan yang pesat, dibutuhkan asupan zat gizi yang kuat dan seimbang.

 

  1. Skrining Kesehatan untuk Semua Siswa

Skrining kesehatan dilakukan untuk semua siswa di SMA Negeri 1 Sarjo, dengan tujuan mendeteksi risiko penyakit menggunakan metode tertentu. Dalam kegiatan skrining ini dilakukan pengecekan tensi, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan darah, serta layanan konsultasi kesehatan. Pelayanan ini diberikan secara selektif untuk mendeteksi risiko penyakit dan mencegah dampak lanjutan risiko penyakit tertentu.

 

Antusiasme siswa dalam mengikuti semua kegiatan kesehatan ini sangatlah tinggi. Dukungan penuh dari pihak sekolah juga menjadi faktor penting dalam kesuksesan kegiatan ini. Upaya kerja sama dalam menjaga kesehatan dan kebugaran siswa diharapkan akan berdampak positif pada konsentrasi siswa dalam mengikuti pembelajaran di sekolah.

 

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini menjadi salah satu wujud nyata dari perhatian dan upaya pemeliharaan kesehatan siswa, yang akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan siswa dan kemajuan pendidikan di SMA Negeri 1 Sarjo.

 

 

 

 

 

 

 

 

 
 
 
 
 
Bagikan artikel ini:

1 Komentar

"Tingkatkan selalu kerjasama antar UPT demi kesehatan peserta didik dan masyarakat, Salam Sehat UPTD SMA Negeri 1 Sarjo dari UPT Puskesmas Sarjo"
29 Apr 2024 10:25 Anita

Beri Komentar

Saifuddin, S.Pd.

- Kepala Sekolah -

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ   Puji syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan...

Berlangganan
Banner